Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer

Sejak diperkenalkannya komputer dengan cara kerja yang modern pada tahun 1940, sampai kini komputer terus mengalami perkembangan dengan sangat pesat mulai dari perangkat keras sampai dengan perangkat lunaknya. Perkembangan ini dipengaruhi oleh kebutuhan penggunanya juga dengan berbagai riset yang dilakukan untuk lebih membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan.

Sistem pada Komputer memiliki 4 komponen utama dari perangkat kerasnya yaitu Central Processing Unit (CPU), Primary Storage/Memori Utama, Secondary Storage/Memori Sekunder, dan Input-output Device. Ke empat komponen itu harus ada untuk menjalankan suatu perangkat komputer agar berjalan dengan baik.

Salah satu perangkat keras yang mengalami perubahan yang sangat pesat adalah terletak pada Media Penyimpanan Data. Peran media penyimpanan data pada perangkat komputer sangat penting, karena mereka yang mengatur mengenai berjalannya sebuah proses dan menyimpan data dengan aman. Banyak jenis atau macam-macam media penyimpanan data pada komputer salah satu media penyimpanan seperti yang sering kita kenal adalah Hard disk yang biasa dipakai komputer dan Kartu Memori (memory card) yang biasa dipakai pada ponsel.

Pengertian Media Penyimpanan Data

Computer Data Storage (Penyimpanan Data Komputer) adalah media yang digunakan dengan fungsi untuk menyimpan berbagai macam data digital yang tersedia pada perangkat komputer dengan waktu tertentu sehingga dapat dibaca dan dibuka kembali untuk diproses ulang pada perangkat. Untuk saat ini Media penyimpanan Komputer terbagi menjadi 3 kategori, yaitu Media penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk), Media Penyimpanan Optical (Optical Disk), dan Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage). Dan selanjutnya akan saya bahas ketiga kategori tersebut secara detail, jenis-jenis dan juga contoh dari setiap kategori tersebut.

Macam-macam Media Penyimpanan Data

  1. Penyimpanan Magnetik (Magnetic Disk)

 

Penyimpanan Magnetik merupakan media penyimpanan yang termasuk ke dalam penyimpanan sekuder (secondary storage) yang paling banyak dipakai pada sistem komputer modern.

Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan : Kapasitas penyimpanan pada media ini lebih besar dari media penyimpanan lainnya bahkan sudah mencapai Petabyte dan Kecepatan akses datanya tinggi.

Kekurangan : Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya.

Cara Kerjanya : (Hanya beberapa) Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sektor. Cakram fixed−head memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan cakram moving−head (atau sering dikenal dengan nama cakram keras ) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

DISKET

Pada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB. Empat tahun kemudian, floppy disk yang sama muncul dan dapat menyimpan data sebanyak 256kB. Selain itu, memiliki kemampuan dapat ditulis kembali (writeable). Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1990 lahir disk dengan ukuran 3 inci yang dapat menyimpan data sekitar 250 MB, atau biasa disebut juga Zip disk.

HARDDISK

Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan sebagaimana disket floppy. Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih satu piringan atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. Cara penyimpanan datanya hampir sama dengan disket floppy. Bahan hard disk yang keras dan kapasitas simpannya yang lebih besar, juga membedakannya dari disket floppy yang bahannya relatif elastis.

Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.

Hard Disk sendiri terdiri dari berbagai komponen- komponen didalamnya dan akan dijelaskan sebagai berikut:

Komponen Hard Disk

  1. Platter (piringan logam) fungsinya adalah sebagai tempat penyimpan data, jumlah iringan ini beragam mulai dari 1, 2, 3, atau lebih. Piringan ini diberi lapisan bahan magnetis yang sangat tipis (ketebalannya dalam orde persejuta inchi). Pada saat ini digunakan digunakan thin film seperti pada processor untuk membuat lapisan tersebut.
  2. Head, berupa kumparan. Head pada hard disk proses baca dan tulis menggunakan head yang sama atau satu head di tiap sisi platter. Untuk hard disk dengan 2 platter dapat memiliki sampai 4 head, hard disk dengan 3 platter dapat memiliki 6 head.
  3. PCB (Printed Circuit Board) atau rangkaian elektronik, terdiri dari ;
  • Rangkaian penguat untuk pembacaan (read preamplifier) yang diperlukan karena sinyal yang di peroleh head dari piringan sangat lemah.
  • DSP (Digital Signal Processor) untuk proses yang berhubungan dengan sinyal-sinyal digital, seperti konfersi sinyal listrik yang datang menjadi sinyal digital yang akan dituliskan kepiringan.
  • Chip Memory, digunakan sebagai cache buffer.
  • Konektor untuk melakukan komunikasi dengan CPU. Untuk hard disk IDE jumlahnya 40 pin.
  • Spindle dan actuator arm motor controller, untuk mengontrol putaran piringan dan peletakan head baca/tulis.

Motor dari hard disk berfungsi untuk memutar platter. Pada saat komputer di hidupkan motor ini mulai bekerja dan berbunyi suara yang khas, apabila suara hard disk ini tidak seperti biasa bisa diduga motor hard disk tidak bekerja dengan baik.

FLASHDISK

Flashdisk adalah piranti penyimpan dari floppy drive jenis lain dengan menggunakan kabel interface jenis USB (Universal Serial Bus). Flash drive ini bisa dibaca dan ditulis, sangat praktis dan ringan dengan ukuran berkisar 50 x 15 x 6 mm. Bahkan untuk saat ini, ukurannya semakin kecil dengan kapasitas yang jauh lebih besar, hingga mencapai 1 TB.

MEMORY CARD

Media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video gam console.

Memory Card atau kartu memori merupakan sebuah alat (card) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data digital (seperti gambar, audio dan video) pada sebuah gadget seperti kamera digital, PDA dan Handphone. Ukuran dari karu memori ini bermaca-macam mulai dari 128 MB sampai 16 GB.

Berikut adalah jenis-jenis memory card :

  1. Memory Stick : Memory Stick merupakan memory card yang diperkenalkan oleh SONY dan dipatenkan untuk alat-alat elektronik keluarannya. Hampir semua kamera buatan SONY menggunakan memory stick sebagai media penyimpanannya.
  2. Memory Stick Pro dan Memory Stick Duo : Merupakan generasi kedua Memory Stick dengan kecepatan dan kapasitas penyimpanan yang meningkat.
  3. Memory Stick Micro M2 : Memory Stick Micro (M2) menawarkan penyimpanan data yang lebih besar, saat ini telah  mencapai ukuran 8GB.
  4. Multimedia Card (MMC) : Multimedia Card (MMC) merupakan kartu memori standar, bentuknya lebih besar dari Memory Stick dan dapat dipergunakan pada slot SD Card.
  5. RS-MMC ( Reduced Size Multimedia Card) : Merupakan MMC generasi selanjutnya dengan ukuran lebih kecil, dapat digunakan pada slot MMC maupun SD Card dengan menggunakan sebuah adapter.
  6. SD Card : SD High-Capacity (SDHC) kartu menyediakan lebih banyak daya penyimpanan yang dapat dilepas daripada sebelumnya. Dengan rentang kapasitas mulai dari 4GB hingga 32GB, pengembang memiliki tiga pilihan untuk menentukan kecepatan penulisan data di dijamin minimal kecepatan transfer data.
  7.  Secure Digital (SD) adalah sebuah format kartu memori flash. Dia digunakan dalam alat portabel, seperti PDA, kamera digital dan telepon genggam. Kartu SD dikembangkan oleh SanDisk, Toshiba, dan Panasonic berdasarkan Kartu Multi Media (MMC) yang sudah lebih dulu ada. Selain memiliki sistem pengaman yang lebih bagus daripada MMC, SD Card juga bisa dengan mudah dibedakan dari MMC karena memiliki ukuran yang lebih tebal dibanding kartu MMC standar. Kartu SD standar memiliki ukuran 32 mm x 24 mm x 2,1 mm, tetapi ada beberapa kartu SD yg setipis MMC (1.4 mm). Dalam perkembangannya, kartu SD diproduksi juga dalam dua variasi ukuran yg lebih kecil, kedua varian tersebut dikenal dengan nama MiniSD dan MicroSD atau TransFlash (T-Flash). Secara umum, kartu SD dibedakan dari kecepatan transfer data yang tersedia, yaitu kecepatan biasa (150 KB/s) dan kecepatan tinggi. Beberapa kamera digital memerlukan kartu yg berkecepatan-tinggi untuk merekam video secara lancar atau menangkap gambar berturut-turut. Alat yang dilengkapi dengan slot SD dapat menggunakan kartu MMC yang lebih tipis, tetapi kartu SD standar tidak dapat digunakan ke slot kartu MMC yang lebih tipis. Kartu SD dapat digunakan dalam slot CompactFlash atau kartu PC dengan sebuah adapter. Bentuk SD Card seukuran dengan MMC dengan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Banyak digunakan mulai dari handphone, kamera dan komputer. SD Card mempunyai switch yang berfungsi agar SD Card menjadi write protected.
  8. Mini SD : Ukurannya kira-kira setengan ukuran SD Card, dapat dimasukkan kedalam slot SD Card atau MMC dengan menggunakan sebuh Adapter.
  9. Micro SD / TransFlash : Ukurannya lebih kecil daripada Mini SD dan banyak digunakan pada handphone sekarang. Kapasitas penyimpana data bisa mencapai hingga 16 GB.
  10. XD Card : Dikembangkan oleh Olympus dan Fuji untuk produk-produk kamera keluarannya

ZIP DRIVE

Merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB. Format ini menjadi yang paling populer di antara produk-produk jenis super-floppy tetapi tidak pernah mencapai status standar untuk menggantikan floppy disk 3,5 inci. Kemudian, CD-RW menggantikan posisi disk Zip, dan perekam CD internal dan eksternal Zip-650 atau Zip-CD tersebut dijual dengan merek Zip.

  1. Penyimpanan Optical (Optical Disk)

Penyimpanan optical adalah media yang menyimpan data komputer yang dapat ditulis dan dibaca dengan menggunakan laser bertenaga rendah.

Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan : Beratnya lebih ringan dari beberapa media penyimanan Magnetic Disk.

Kekurangan : Kapasitas memorinya lebih kecil dari Magnetic Disk dan Jika tergores maka resikonya data tidak akan terbaca.

Cara Kerjanya : Media penyimpanan tersebut berputar dengan sangat kencang (putaran tersebut mempengaruhi kecepatan transfer data) dengan membaca data melalui optik yang berada pada perangkat pembacanya.

Macam-macam media dari Magnetik Disk :

CD

CD (compact disk) atau laser optical disk merupakan jenis piringan optik yang pertama kali muncul. Pembacaan dan penulisan data pada piringan ditangani melalui sinar laser. Oleh karena itu kecepatan akses piringan optis jauh lebih tinggi daripada disket. Di pasaran terdapat sedikitnya tiga macam piringan optik berbeda yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan, yaitu CD-ROM, CD-WORM, dan CD-Rewriteable.

CD-ROM

Dewasa ini compact disk (CD) banyak dipakai untuk media penyimpanan data. CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca, namanya dikenal dengan CD-ROM. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan. Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik, gambar dan sebagainya. CD-ROM sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia dan sebagainya. Sebagai media penyimpan data, CD-ROM memiliki sejumlah keunggulan.

WORM

CD-WORM kepanjangan dari Write once read many dapat ditulisi melalui komputer. Sesuai dengan namanya, perekaman hanya bissa dilakukan sekali. Sesuda perekaman, isinya tidak dapat diubah. CD ini berguna untuk menyimpan dokumen, rancangan gambar, lagu dan lain-lain yang dimaksudkan sebagai cadangan. CD ini sering dijual dengan label CD-R atau CD-Recordable.

CD-RW (compact disk rewiteable)

CD-RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali.CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.

DVD (Digital Video Disc)

DVD adalah generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu mencapai 9 Gbytes. Teknologi DVD ini sekarang banyak dimanfaatkan secara luas oleh perusahaan musik dan film besar, sehingga menjadikannya sebagai produk elektronik yang paling diminati dalam kurun waktu 3 tahun sejak diperkenalkan pertama kali. Perkembangan teknologi DVD-ROM pun lebih cepat dibandingkan CD-ROM. 1x DVD-ROM memungkinkan rata-rata transfer data 1.321 MB/s dengan rata-rata burst transfer 12 MB/s.

  1. Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Penyimpanan Awan merupakan media yang masih tergolong baru, media ini bersifat online dan tidak menggunakan kapasitas data memori pada perangkat karena mereka menggunakan penyimpanan yang terdapat pada Internet.

Pengertian dan Macam-macam Media Penyimpanan Data Komputer

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan : Tidak memerlukan perangkan untuk menyimpan data.

Kekurangan : Sering terjadi kesalahan pada Server dengan resiko data akan hilang dan juga dikenakan akses koneksi data.

Cara Kerjanya : Untuk dapat menyimpan data pada media ini kita diharuskan untuk mengunggah file tersebut dan untuk mengambil data kita harus mengunduh file tersebut.

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage tersebut melalui internet. Konsep cloud storage sama seperti konsep file server pada suatu kantor perusahaan, hanya saja infrastruktur media storage tersebut dikelola oleh provider cloud dan pemanfaatannya dijadikan layanan penyimpanan file yang dapat diakses dari internet. Sebenarnya cloud storage bukan layanan teknologi baru dalam dunia internet, sebelum trend cloud computing sepopuler saat ini, layanan cloud storage lebih dikenal dengan istilah virtual drive, namun memasuki era cloud computing ini istilah tersebut berubah menjadi lebih dikenal dengan sebutan cloud storage.

Keuntungan Cloud Storage :

Kita tidak perlu membawa media penyimpanan untuk file-file yang telah disimpan di cloud storage

Macam – macam cloud strage :

  1. Dropbox

Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox ,   Inc . Dropbox memberikan kapasitas gratis sebesar 2 GB .

Keuntungan Dropbox adalah :

Dapat menggunakan system penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna menyimpan dan berbagai data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data .

  1. Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan daring milik Google yang diluncurkan pada 24 April 2012.Google Drive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB

Keuntungan Google Drive adalah :

–         Data yang tersimpan dapat dibuka dimana pun berada, sepanjang terhubung dengan jaringan internet

–         Sebagaimana penyimpanan di media online lainnya, jika unit komputer kita rusak/hilang, maka kita tidak akan kehilangan data tersebut.

–         Gratis pemakaian sampai 5GB

–         Dapat berbagi data dengan mudah dengan orang lain melalui jaringan email.

  1. Sky Drive

Sky Drive adalah layanan cloud storage dari Microsoft. SkyDrive memberikan free space agak lebih besar dari layanan free cloud storage yag lain. Untuk layanan free nya SkyDrive memberikan space sebesar 7GB.

Keuntungan dari Sky Drive :

menyimpan data dari satu perangkat, lalu membukanya di perangkat lain. Simpan data pekerjaan dari PC di rumah, dan buka di tablet sesampainya di kantor, tanpa perlu membawa-bawa data dalam USBflash disk yang rentan rusak serta terserang virus.

  1. Box

Box adalah salah satu cara termudah untuk mengelola sejumlah besar dalam dalam jangka waktu singkat . Box memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB

Keuntungan Box adalah :

Berbagi file penting , lihat Uprate ke spreadsheet anda langsung , komentar pada dokumen dimana saja .

  1. SugarSync

SugarSync adalah layanan yang aktif sync file dikomputer dan perangkat lain untuk file , akses backup , sinkronisasi dan berbagi dari berbagai system operasi . SugarSync memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB

  1. iCloud

iCloud merupakan layanan komputasi awan untuk penyimpanan data yang ekslusif untuk iDevice atau produk-produk Apple seperti: iMac, Macbook, iPad, iPhone dan iPod Touch. Kemudahan integrasi dan sinkronisasi secara otomatis data-data seperti: Apps, iTunes, Photo Stream, Documents, iBooks, Contact, Mails dan lain-lain untuk seluruh iDevice Apple menjadi fitur yang diunggulkan di iCloud. Cukup dengan memasukkan Apple id diseluruh perangkat iDevice maka data-data di satu produk iDevice bisa diakses pada iDevice lainnya. Layanan iCloud bisa digunakan minimal pada seluruh iDevice dengan OSX lion 1.7.2 dan iOS 5 keatas. Walaupun layanan iCloud sudah dibuka untuk umum, hingga saat ini hanya di platform Windows yang disediakan. Untuk menggunakan iCloud di Windows, membutuhkan OS Windows Vista Service Pack 2 atau Windows Seven. Platform yang didukung: Mac, iOS, Windows, Web. Kapasitas data gratis: 5 GB.

  1. Amazon Cloud Drive

Sebuah layanan terbaru dari Amazon dan ikut meramaikan persaingan di komputasi awan, Amazon hadir dengan Amazon Cloud Drive. Walau terbilang baru, tetapi ACDrive (baca: Amazon Cloud Drive) cukup layak diperhitungkan didalam arena ini. Menyandang nama besar Amazon dan dengan dukungan layanan host data Amazon yang terkenal yaitu W3S tak pelak ACDrive bisa menjadi kuda hitam di dalam layanan komputasi awan. Mari kita tunggu pengembangan dari ACDrive selanjutnya. Platform yang didukung: OSX 6.0 (snow leopard), 7.0 (lion), Windows Vista, Windows 7, Web. Kapasitas data gratis: 5 GB.

  1. SPIDEROAK

Penyedia layanan penyimpanan awan selanjutnya adalah SpiderOak. Perusahaan SpiderOak mengklaim bahwa mereka mengenkripsi data para pengguna pada setiap langkah proses mulai dari upload data hingga finishing untuk download data. Namun, mereka tidak menyebutkan nama teknik enkripsi yang mereka gunakan untuk mengenkripsi data Anda. Selain itu, SpiderOak juga mengklaim diri mereka sebagai penyedia cadangan Privacy Matters. Ini berarti bahwa bahkan para karyawan mereka tidak mengetahui tentang data dan isi dari akun para penggunanya. Semua data akan dienkripsi pada akhir pengguna yang berarti pengguna SpiderOak yang hanya dapat mendekripsi data dan tidak ada orang lain bahkan administrator SpiderOak sekalipun. Hal ini berarti bahwa SpiderOak tidak dapat membantu Anda dalam memulihkan data Anda, dalam hal apapun dan ketika Anda lupa password akun SpiderOak. Tersedia untuk : Windows, Mac, Linux, Android, iOS.

  1. IDRIVE

IDrive adalah layanan penyimpanan cloud dengan enkripsi dalam daftar ini. Jangan terpengaruh dengan huruof “I” dalam namanya karena IDrivetidak ada hubungannya dengan Apple atau produk-produknya. IDrive memungkinkan Anda untuk mentransfer dan menyimpan data Anda dienkripsi menggunakan 256-bit AES algoritma enkripsi. Sesuai klaim mereka, data dienkripsi dengan sebuah password yang dihasilkan oleh pengguna. Tersedia untuk : Windows, Mac, Android, iOS.

  1. COMODO

Layanan cloud terakhir dalam daftar kali ini yang menawarkan fitur enkripsi adalah Comodo. Mendukung enkripsi data selama proses mentransfer data serta setelah menyimpan data.

Sumber :

http://riniameliapti.blogspot.co.id/2013/10/storage-device.html

http://killthat-rabbit.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-dan-macam-macam-cloud-drive.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *