Basis Data Sistem Informasi SDLC

Berikut ini adalah penjelasan proses tahapan SDLC, yaitu :

  1. Perencanaan (Planning)

Fase perencanaan adalah sebuah proses dasar untuk memahami mengapa sebuah sistem harus dibangun. Pada fase ini diperlukan analisa kelayakan dengan mencari data atau melakukan proses information gathering kepada pengguna.

Dalam SI ini, perencanaan tersebut meliputi:

  • Tujuan

Untuk memudahkan sekaligus meningkatkan mutu pelayanan di perpustakaan dengan menerapkan Sistem informasi Perpustakaan

Untuk meningkatkan sistem informasi khususnya di perpustakaan

  • Prioritas-prioritas yang harus dikerjakan dalam project ini adalah
  • Alokasi SDM yang dibutuhkan

 

 

  1. Analisis

Fase analisa adalah sebuah proses investigasi terhadap sistem yang sedang berjalan dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban mengenai pengguna sistem, cara kerja sistem dan waktu penggunaan sistem. Dari proses analisa ini akan didapatkan cara untuk membangun sistem baru.

Pada tahapan ini dianalisis kebutuhan dari system atau aplikasi yang dibangun dengan adanya analisis kebutuhan akan memudahkan didalam pembuatan aplikasi atau system yang dibangun.dalam tahapan ini dilakukan wawancara atau observasi untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.

Analisa Kebutuhan

Kebutuah Fungsional
Sistem dapat mengentri data buku

Sistem dapat menampilkan judul buku, kode buku, pengarang, dan penerbit

Sistem dapat melakukan pendataan anggota

Sistem dapat melakukan pendataan petugas

Sistem dapat melakukan transaksi peminjaman dan pengembalian buku

Sistem dapat menampilkan laporan anggota, laporan buku secara otomatis sesuai kebutuhan yang diinginkan

 

Kebutuhan Non-Fungsional
Personal Computer

Printer

Mouse

Keyboard

CPU

Barcode Reader

 

  1. Desain (Perancangan)

Fase perancangan merupakan proses penentuan cara kerja sistem dalam hal architechture design, interface design, database dan spesifikasi file, dan program design. Hasil dari proses perancangan ini akan didapatkan spesifikasi system.

Pada Tahapan Ini akan dilakukan perancangan system berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan pada saat melakukan perancangan system.

Desain Interface

Memudahkan bagi petugas untuk mengoperasikan komputer dalam hal input dan output data, dan bagi pengunjung memudahkan dalam melihat macam-macam buku dan memudahkan dalam peminjaman serta pengembalian buku.

Pada bagian Sistem ini, pembuatan desain Basis Data Sistem Informasi Perpustakaan menggunakan aplikasi Microsoft Office Access

Entitas yang terlibat di dalam SI ini yaitu:

  • Desain Tabel Mahasiswa (No, NIM, Nama Mahasiswa, Prodi)
  • Desain Tabel Buku (No, Kode Buku, Judul Buku, Pengarang, Penerbit, Peminjaman, Pengembalian)
  • Desain Tabel Petugas (Nama Petugas, NIP, Alamat)
  • Desain Tabel Transaksi (No, NIM, NIP, Kode Buku)
  • Desain Hubungan antara Entitas Tabel (Relationship)

 

  1. Implementasi

Fase implementasi adalah proses pembangunan dan pengujian sistem, instalasi sistem, dan rencana dukungan sistem.

Disetiap Formulir pada sistem ini dapat menampilkan data terkait sesuai dengan yang kita butuhkan.

  • Pengisian Data
  • Form Penampilan Nama Mahasiswa
  • Form Penampilan Daftar Buku
  • Formulir Peminjaman

 

Contoh : pada formulir penampilan mahasiswa, Anisatul A, telah meminjam buku dengan kode “16510” yang berjudul “101,5 Kecerdasan Emosional Anak Muda”

Support , and Security

Pemeliharaan pada sistem aplikasi perpustakaan ini haya pada Maintenance sistem yang difokuskan pada pemback-up an file dan data dari databaseserta pengolahan data secara berkala sebulan sekali. Dengan cara demikian kita akan mendapatkan beberapa file backup sekaligus. Selain itu dapat pula dilakukan dengan cara pengecekan secara berkala.

Cyrcle Link

https://drive.google.com/open?id=0B0NJydtk_9QQbXNqRVBkUk9iNzA

Data Base Link

https://drive.google.com/open?id=0B0NJydtk_9QQSFV5c3FHTzE2NzA

Leave a Reply

Your email address will not be published.