Internet

A. SEJARAH INTERNET DAN KOMPUTER

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute,University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

 

Sejarah Komputer
Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “machine language”. Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data.

Ciri-ciri komputer generasi pertama :

– Silinder magnetik untuk menyimpan data

– Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.

– Kapasitas penyimpanan kecil.

– Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.

– Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.

– Cepat panas.

– Proses kurang cepat.

– Memerlukan dya listrik yang besar.

– Orientasi pada aplikasi bisnis.

Perkembangan komputer generasi kedua terjadi pada tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik yang pada awalnya memiliki ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil.
Ciri-ciri komputer Generasi kedua :

– Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage

– Berorientasi pada bisnis dan teknik.

– Tidak terlalu banyak mengeluarkan panas.

– Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.

– Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.

– Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.

– Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)
Perkembangan komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.
Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga :

– Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara keseluruhan

– Sudah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.

– Kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.

– Peningkatan dari sisi software.

– Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.

– Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).

– Pemakaian listrik lebih hemat dan lebih efisien.

– Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III dan perbedaanya adalah IC pada generasi empat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.
Ciri-ciri komputer Generasi keempat :

– Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer

– Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip
Pada masa perkembangan komputer generasi kelima ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.
Ciri-ciri komputer Generasi kelima

– Mempunyai desain yang lebih kecil

– Pengembangan VLSI ( Very Large Scale Integration)

– Pengembangan  Josephson Junction

– Dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat.

B. BERBAGAI KONEKSI BERBASIS BROADBAND

Dalam blog ini membahas broadband yang paling umum digunakan di Indonesia untuk menghantarkan koneksi Internet seperti teknologi DSL, teknologi Cable, dan fixed wireless.

1. Teknologi DSL (Digital Subscriber Line)
DSL merupakan kumpulan teknologi-teknologi yang memanfaatkan bandwidth yang tidak digunakan pada jaringan telepon tembaga biasa yang telah lama ada untuk menghantarkan data digital berkecepatan tinggi. Koneksi DSL sangat mudah digunakan seperti halnya koneksi dial-up biasa. Namun, sifat dan kecepatannya seperti halnya koneksi leased line yang dapat selalu aktif selama koneksi ke sentral terminasi DSL masih aktif.

Teknologi DSL dapat tersedia berkat adanya sebuah perangkat bernama DSLAM (DSL Access Multiplexer). Perangkat inilah yang membuat media koneksi berjalan menggunakan teknologi DSL dan menjadi pusat terminasi. DSL biasanya menggunakan sinyal frekuensi dengan range yang cukup tinggi, yaitu hingga 1 MHz. Masing-masing tipe DSL berbeda-beda dalam hal penggunaan frekuensi. Sebagai contoh teknologi ADSL menggunakan frekuensi 20 KHz sampai 1 MHz.

Dengan bekerja pada frekuensi ini, ADSL tidak akan mengganggu sinyal suara yang juga dibawa dalam media ini. Jadi, pengguna masih tetap dapat melakukan peneleponan sementara koneksi Internet juga tetap berjalan. Lain halnya dengan DSL jenis Single-line
DSL yang menggunakan frekuensi yang sama dengan sinyal suara. Dengan spesifikasi ini, maka pelanggan DSL jenis ini tidak akan dapat melakukan peneleponan ketika ber-Internet.

Namun, teknologi DSL juga bukan tanpa kekurangan. Kekurangan pertama, teknologi DSL pada keadaan normal memiliki area coverage maksimal sebesar 5,5 km saja. Dengan adanya batasan ini, masih banyak area yang belum bisa dijangkau. Selain itu, tidak semua kantor sentral otomat (STO) dibuat untuk mendukung teknologi DSL, sehingga area-area tertentu belum bisa menikmatinya sampai terpasangnya perangkat DSLAM di STO tersebut.

Tipe-tipe DSL
Teknologi DSL memang berkembang cukup cepat. Dari perkembanganya itu, teknologi DSL terbagi-bagi menjadi lebih dari satu tipe. Semua tipe tersebut memiliki ciri khas dan keunggulannya masing-masing. Berikut ini adalah tipe-tipe koneksi broadband mengadopsi teknologi DSL yang umum digunakan saat ini:

– Asymmetric DSL (ADSL)
Yang dimaksud dengan kata Asymmetric DSL adalah teknologi ini memberikan kecepatan transfer data yang berbeda antara proses pengiriman data (upload) dan penerimaan data (download). Karena ketidaksamaan inilah, maka diberikan istilah Asymmetric untuk teknologi ini. Biasanya kecepatan downloading data akan lebih besar daripada uploading, mengingat lalu-lintas data Internet khususnya untuk level pengguna akhir lebih banyak men-download.

Tipe DSL seperti ini memang sengaja diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna level perumahan, di mana traffic menerima data lebih besar daripada melakukan pengiriman. Kondisi seperti ini sangat cocok untuk aplikasiaplikasi level pengguna akhir seperti misalnya melakukan download musik dan film, surfing, online games, menerima e-mail, dan banyak lagi. ADSL menyediakan koneksi upstream yang relative lambat karena biasanya koneksi ini hanya digunakan untuk melakukan permintaan data ke Internet. Dengan adanya spesifikasi seperti ini, harga servis ADSL bisa ditekan semurah mungkin sehingga terjangkau oleh pengguna rumahan.

– Symmetric DSL (SDSL)
Kebalikan dari Asymmetric, Symmetric DSL merupakan koneksi yang memiliki spesifikasi jalur upload dan download yang sama persis keduanya. Jaringan dengan spesifikasi seperti ini sangat cocok digunakan untuk keperluan aplikasi komersial, di mana pengguna akhir juga memiliki kemampuan untuk mengirim data dalam jumlah besar ke Internet. SDSL sangat cocok digunakan untuk aplikasi seperti pengiriman e-mail besarbesaran dengan attachment yang besar, melakukan upload informasi ke Internet, membuat web server, FTP server, dan banyak lagi. Biasanya servis jenis ini harganya lebih mahal daripada ADSL dan sangat cocok untuk keperluan perusahaan.

– G.SHDSL
Teknologi DSL yang satu ini dapat melayani penggunanya dengan fitur multi-rate (kecepatan yang dapat berbeda-beda), multi-service, dengan jarak jangkauan yang lebih panjang dari teknologi DSL yang lainnya, dan dapat dikuatkan sinyalnya sehingga dapat berjalan sangat jauh. G.SHDSL ini dapat memberikan penggunanya kecepatan transfer mulai dari 192 Kbps sampai dengan 2,3 Mbps. Teknologi ini diklaim dapat memberikan jarak jangkauan 30 persen lebih besar daripada teknologi DSL lainnya yang ada saat ini. Teknologi ini diharapkan nantinya dapat menggantikan implementasi dari SDSL yang ada saat ini.

– Integrated Service Digital Network DSL (IDSL)
Dari namanya saja, mungkin Anda sudah dapat menduga bahwa teknologi DSL yang satu ini merupakan perpaduan fitur antara teknologi ISDN dengan DSL. Seperti halnya ISDN, IDSL menggunakan satu pair kabel untuk mentransmisikan data secara full duplex dengan kecepatan hingga 144 Kbps. IDSL pada dasarnya adalah sebuah line ISDN BRI yang digunakan sebagai jalur leased line, dengan kata lain jalur ISDN BRI yang tidak perlu di-switch penggunaannya. Jalur IDSL ini tidak memiliki channel signaling seperti ISDN yang sesungguhnya. Jalur ini dapat dikonfigurasi dengan kecepatan 64 Kbps, 128 Kbps, atau 144 Kbps.

IDSL hanya digunakan untuk membawa komunikasi data saja, tidak seperti ISDN yang juga bisa digunakan untuk suara. IDSL sangat ideal untuk digunakan di kantor-kantor cabang karena sinyalnya bisa dikuatkan persis seperti ISDN. Sistem billing-nya juga tidak seperti ISDN karena IDSL biasanya dibanderol dengan harga tetap (Flat price).

– Very-high-data-rate DSL (VDSL)
VDSL dapat menghantarkan data penggunanya mulai dari 13 Mbps sampai dengan 52 Mbps downstream dan 1,5 hingga 2,3 Mbps upstream hanya dengan menggunakan satu pasang kabel tembaga twisted. Jarak jangkauan dari teknologi inilah yang menjadi kelemahannya, karena jarak maksimalnya hanya sejauh 1,3 km saja.

– High-data-rate DSL (HDSL)
Teknologi HDSL memiliki kecepatan transfer data yang sama dengan jaringan E1 saat ini. Maka dari itu, HDSL memang telah banyak digunkan oleh penyedia jasa jaringan untuk menggantikan jalur-alur E1 mereka yang relatif lebih mahal biaya penyediaannya. HDSL dapat beroperasi melayani penggunanya dalam jarak 3,6 km saja. Namun, repeater atau penguat dapat Anda pasang untuk memperpanjang jangkauannya.

2. Teknologi Cable

Cikal bakal teknologi Internet Cable sebenarnya dimulai dari pemenuhan kebutuhan konsumen akan siaran televisi yang berkualitas. Asal usul kata Cable sendiri pun berasal dari kata Community Antenna Television (CATV) yang kemudian lebih banyak disebut orang sebagai Cable TV. Untuk memastikan perangkat TV biasa dapat digunakan untuk Cable TV, teknologi ini memindahkan sinyal-sinyal radio yang biasa di broadcast di udara menjadi berbentuk sinyal-sinyal yang dapat dilewatkan didalam bungkusan kabel Coaxial.

Dengan semakin meluasnya penggunaan Cable TV ini serta kebutuhan Internet yang semakin booming, maka dimanfaatkanlah infrastruktur Cable TV ini untuk melewatkan data. Bahkan di beberapa negara juga melewatkan sinyal-sinyal telepon. Dengan demikian, para penyedia jasa jaringan Cable bias mengeruk profit lebih banyak dari infrastruktur yang telah mereka buat dengan biaya yang cukup mahal.

Beberapa keuntungan yang akan didapat pengguna dari adanya teknologi Cable adalah sebagai berikut:

Teknologi Cable yang melewatkan koneksi Internet dapat memungkinkan penggunanya melakukan koneksi VPN ke kantor pusat secara non-stop, sehingga pengguna bagaikan memiliki jalur pribadi sendiri dengan koneksi yang tanpa henti.
Kecepatan transfer yang relatif tinggi dipadukan dengan harga yang tidak terlalu mahal memungkinkan pengguna yang berkantor di rumah dapat menikmati Internet cepat juga.
Teknologi TV Cable plus Internet dapat menciptakan servis baru, yaitu TV Interaktif. Penyedia jasa Cable dapat membuat servis VOIP melalui infrastrukturnya tersebut, sehingga pengguna bisa menikmati juga telepon ekonomis dari media kabel yang sama, tidak perlu berlangganan media lain lagi.

Kata “Cable” sebenarnya juga merujuk kepada media pembawanya yang berjenis kabel coaxial. Dalam membuat bentangan Cable yang sangat jauh jaraknya, biasanya digunakan amplifier atau penguat sinyal untuk tetap menjaga keutuhan sinyal selama di perjalanan. Amplifier akan dipasang pada bentangan kabel coaxial kurang lebih setiap jarak 610 meter. Sinyal yang dikuatkan adalah sinyal frekuensi 50 sampai 860 MHz. Lebar frekuensi ini digunakan untuk sinyal TV analog, TV digital dan layanan komunikasi data.

Dengan hitungan ini, maka setiap 30 kilometer area coverage, kabel Coaxial membutuhkan penguat sebanyak kurang lebih 50 buah amplifier sepanjang jalan. Tentunya arsitektur seperti ini akan cukup merepotkan para administratornya dalam me-maintain-nya. Akan banyak sekali problem dan kendala dalam menggunakan sistem ini. Maka dari itu, saat ini arsitektur jaringan Cable tidak lagi dibuat menggunakan murni media Coaxial, namun dibuat juga menggunakan bentangan media fiber optik.

Media fiber optik digunakan dengan tujuan untuk akan meniadakan amplifier sinyal, membawa siyal dengan lebih bersih, kecepatan transfer yang lebih tinggi dan dengan jarak yang lebih jauh dibandingkan kabel coaxial biasa. Dengan adanya semua kelebihan ini, kendala dan problem yang ada di jaringan Cable dapat jauh berkurang sehingga pelanggan lebih nyaman dalam menonton TV maupun ber-Internet.

Namun, media fiber optik tidak ditarik sampai ke lokasi pelanggan, karena media ini hanya bertugas sebagai backbone link saja. Untuk mendistribusikan informasi sampai ke pengguna, arsitektur jaringan Cable pada umumnya masih mempercayakan media Coaxial. Jadi, arsitektur jaringan seperti ini yang merupakan perpaduan Fiber dan Coaxial dinamai dengan istilah Hybrid Fiber Coax (HFC).

3. Satellite Broadband Internet Connection

Semua bentuk koneksi internet broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan daerah, yaitu daerah yang yang  kemungkinan menghalangi pancaran sinyal dari  menara seperti pada daerah perkotaan atau pegunungan. Satelit koneksi internet broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet. Memerlukan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya yang diperlukan untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis koneksi internet broadband dan cuaca mempengaruhi sinyal untuk sebagian besar.

C. TUJUAN DARI SEBUAH ALAMAT IP DAN HUBUNGANNYA DENGAN NAMA DOMAIN

IP Adress merupakan deretan bilangan biner di antara 32 bit hingga 128 bit yang dipakai sebagai media untuk mengidentifikasi untuk setiap perangkat komputer yang terhubung pada jaringan komputer (intranet / internet). Bilangan biner 32 bit dipakai untuk setiap IP Address versi IPv4, sedangkan bilangan biner 128 bit digunakan untuk setiap versi IP Address IPv6. IP Address nantinya akan berguna sebagai data identifikasi setiap device (komputer dan perangkat lainnya) yang terhubung ke jaringan komputer yang memanfaatkan internet protocol sebagai media penghubungnya.

Domain adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat IP dari sebuah server komputer. Alamat IP sendiri merupakan sebuah susunan angka yang terdiri dari beberapa digit angka, misalnya alamat IP 66.220.156.68 adalah alamat dari server komputer Facebook.com. Maka anda bisa coba ketik 66.220.156.68 pada Address Bar di browser Anda, maka Anda pun akan masuk ke halaman Facebook.com. Sehingga untuk memudahkan user mengakses website yang ingin mereka kunjungi dapat menggunakan domain daripada harus menghafal IP.

D. FITUR DARI BROWSER DAN IDENTIFIKASI KOMPONEN DARI ALAMAT WEB

Fitur dari browser :

1. Drag and Drop untuk meng-upload

Banyak website sekarang ini yang memudahkan anda untuk meng-upload file atau foto hanya dengan drag n drop, atau menggeser dan menjatuhkan file ke dalam browser window, ini merupakan sebuah fitur yang sangat membantu dan mempercepat proses sharing, daripada kita harus mengklik browse / choose file terlebih dahulu kan?!

2. Render 3D Graphic pada browser

Browser seperti Chrome dan Firefox kini telah support WebGL, yang memungkinkan halaman website untuk me-render 3D grafik tanpa memerlukan plugin apapun. WebGL biasanya digunakan untuk bermain game, dan 3D model, namun contoh website 3D grafik yang paling populer adalah Google Maps. Ditambah kelebihan lain jika membuka Google Maps pada Chrome, anda bisa menyalakan “MapsGL”, sehingga Google Maps nantinya akan dirender oleh OpenGL, dan menghasilkan animasi yang lebih smooth. Pada mode Street View, anda akan melihat animasi saat sedang zoom in, Street View mode juga akan dirender oleh OpenGL, bukan Adobe Flash. Contoh lainnya adalah pada game web browser Quake 3, engine dari Quake 3 ini sudah diadaptasi untuk bekerja dengan WebGL pada browser, game web ini juga mengaktifkan pointer lock / mouse lock, untuk mengunci pointer mouse anda untuk tetap di dalam area game.

3. Komunikasi dengan WebSocket

Fungsi dari WebSocket adalah mengijinkan sebuah halaman web untuk berkomunikasi secara dua arah dengan web server melalui TCP connection, sehingga dapat mengurangi latency dan traffic network ketika sebuah halaman web ingin bertukar data dengan server. Salah satu website yang menggunakan WebSocket adalah game milik Mozilla yaitu BrowserQuest, memungkinkan game ini untuk berjalan pada browser anda dan mengirimkan log dan berkomunikasi dengan server secara dua arah. WebSocket juga telah digunakan pada IRC client yang berjalan pada browser.

4. Memainkan Video dan Musik tanpa Flash

HTML 5 sudah cukup banyak menarik perhatian, Sudah banyak orang yang tahu bahwa sekarang ini kita bisa menjalankan video dalam format H.264 (MP4), WebM, dan Ogg Theora tanpa perlu menginstall software Flash. Banyak website viideo termasuk Youtube, menawarkan pemutar video berbasis HTML5.

5. Menjalankan aplikasi web secara offline

Browser kini dapat menjalankan aplikasi web secara offline, dimana browser menyediakan penyimpanan database secara lokal, sehingga anda aplikasi tersebut tetap dapat mengakses data anda. Sudah cukup banyak aplikasi web yang dimiliki oleh Google termasuk GMail, Docs, dan Calendar yang dapat diakses secara offline walau khusus untuk Chrome saja. Aplikasi lain seperti Amazon’s Kindle Cloud Reader dapat digunakan juga secara offline pada browser lain misalnya Firefox. Kindle Cloud Reader akan men-download terlebih dahulu eBooks yang anda inginkan, dan nantinya akan bisa anda baca secara offline di browser anda, tanpa mesti terhubung internet.

6. Mengakses webcam dan video conference

Sebuah halaman website kini dapat mengakses webcam anda, tentunya dengan seijin anda. Sebuah website dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil foto menggunakan webcam anda, saat anda ingin merekam video atau mengambil gambar diri. Beberapa aplikasi atau website yang mengakses webcam anda nantinya akan semakin mudah mengakses webcam tanpa perlu menginstall plugin tambahan, seperti Google Hangout atau Skype, mereka akan berjalan secara otomatis di browser.

7. Menampilkan Pop-up Notifikasi

Kini browser telah menyediakan fitur desktop pop-up notifikasi untuk para website yang membutuhkannya. Contohnya, Google Calendar dapat menampilkan notifikasi pop-up pada layar ketika anda sudah menyimpan alarm pengingat event sebelumnya. Chat dan website email juga dapat menampilkan notifikasi pop-up untuk memberitahukan anda bahwa ada pesan baru yang masuk.

8. Mengidentifikasi lokasi anda

Beberapa website sekarang ini bisa meminta ijin anda untuk dapat mengakses lokasi dimana anda berada. Jika anda menggunakan sebuah teblet ataupun perangkat lain yang memiliki GPS chip, browser akan menggunakan GPS hardware tersebut untuk mengidentifikasi lokasi anda. Pada perangkat yang tidak memiliki GPS chip, nama jaringan terdekat anda atau lokasi dari ISP anda akan digunakan untuk menentukan kira-kira dimana posisi anda. Geolocation ini dapat membantu atau menggantikan kebiasaan anda yang biasanya mengetikkan alamat anda pada website yang membutuhkan. Sehingga website yang membutuhkan lokasi anda dapat menampilkan content yang sesuai dengan lokasi secaraotomatis.

9. Menjadikan web aplikasi sebagai aplikasi default

Browser kini mengijinkan anda untuk memilik aplikasi website sebagai aplikasi default, misalnya pada aplikasi Gmail di browser, anda bisa menjadikannya sebagai aplikasi default pengirim email, ketika anda menemukan alamat email di komputer anda, anda bisa langsung mengklik alamat itu untuk mengirim email, bahkan dari alamat email yang anda dapatkan di luar browser sekalipun.

10. Menjalankan native code pada browser

Browser Chrome memnyertakan Googles’s Native Client, yang mengijinkan halaman web untuk menjalankan native code dalam bahasa seperti C atau C++. Native Client ini digunakan agar halaman website dapat memiliki performa tinggi saat menjalankan engine game atau local video encoding. Web Store pada Chrome menyajikan banyak variasi game yang ditulis dengan Native Client, termasuk game berjudul Bastion.

Komponen dan Struktur URL :

Sekarang mari kita menganalisis berbagai bagian dari URL. Sebagai contoh :

 

Komponen dasar dari URL

1.Protokol

Setiap URL dimulai dengan nama bahasa (Geeks menyebutnya protokol) menggunakan yang komputer Anda dan server dari lagu ini harus berkomunikasi. Dalam kasus penelitian kami bahasa adalah http. Ada bahasa lain seperti tujuan tertentu atau protokol yang tersedia -sehingga Anda mungkin juga melihat ftp dan https … Bahasa ini diikuti oleh: // simbol.

2. World Wide Web

Kemudian datang www terkenal -di beberapa URL Anda tidak akan menemukannya, tapi kami tidak akan pergi dalam detail-detail. Www berarti bahwa sumber daya yang Anda cari dengan sarana alamat ini berada di subdomain www nama domain Anda.

Struktur dan Komponen URL

  1. Ekstensi domain

Nama pemilik diikuti oleh jenis domain di mana pemilik terdaftar. .com Berarti bahwa situs yang membuat sumber daya ini tersedia untuk Anda adalah alam komersial. Ada jenis lain dari domain juga. Misalnya, .org untuk website organisasi, .edu untuk lembaga pendidikan, .gov untuk situs web pemerintah, .mil untuk situs militer, .in mengatakan bahwa situs web memiliki hubungan dengan India. Ada puluhan domain ekstensi tersebut.

2. Sub-domain

Subdomain adalah seperti subdirektori. Ini adalah bagian dari domain dan diidentifikasi oleh URL unik dan terpisah. Sebagai contoh, jika kita ingin memiliki dua subdirektori di dalam example.com domain maka kita dapat membuat mereka seperti:

science.example.com (dalam notasi direktori itu setara com / contoh / ilmu)

dan

history.example.com (dalam notasi direktori itu setara com / contoh / sejarah)

Di sini Anda harus mencatat bahwa dalam notasi direktori, subdirektori ditulis setelah direktori induk. Sebaliknya, dalam notasi URL, subdomain ditulis sebelum domain induk. Perbedaan lain adalah pemisah. Direktori yang ditampilkan dipisahkan oleh garis miring (di UNIX) atau oleh backslash (di Windows). Di URL, subdomain dipisahkan oleh titik (alias dot)

3. Sumber Daya Nama

Maka muncullah nama sumber daya yang Anda butuhkan. Berikut menonton adalah halaman web yang Anda cari. Jika kita melihatnya dalam totalitas, “menonton” adalah halaman web yang berada pada sebuah situs web disebut youtube di domain .com di Internet.

4. Tanda tanya

Tanda tanya “?” Sinyal akhir seluruh nama domain dan awal daftar parameter. Beberapa halaman web mengharapkan parameter tertentu untuk diteruskan kepada mereka. Hal ini diperlukan untuk halaman untuk berfungsi dengan baik.

5. Parameter

Parameter yang berlalu dalam “key = value” format dan parameter dalam daftar dipisahkan satu sama lain oleh karakter “&” (diucapkan sebagai “ampersand”) Jadi, dalam contoh di atas, kita melewati dua parameter untuk menonton halaman. Parameter ini adalah: v = YR12Z8f1Dh8 & fitur = relmfu [Perhatikan bahwa yang bahkan tidak ada satu ruang di seluruh URL. Ruang tidak diperbolehkan sebagai bagian dari URL atau alamat email ] Parameter pertama adalah v yang nilainya “YR12Z8f1Dh8” Parameter kedua adalah fitur yang nilainya relmfu Kedua parameter dipisahkan oleh & Ini melengkapi URL.

E. CARA PENCARIAN YANG EFEKTIF DI WEB

Kita harus menggunakan trik-trik khusus supaya google bisa menampilkan hasil pencarian yang efektif dan efisien, tepat sesuai dengan yang kita harapkan. Dengan cara meletakkan kode-kode tertentu baik berupa tanda baca maupun kalimat-kalimat tertentu untuk mengarahkan hasil pencarian.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari secara efektif dan efisien di google:

1. Gunakan kata kunci yang spesifik
Ketika melakukan pencarian melalui Google hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang. Sebagai contoh ketika Anda sedang mencari informasi tentang Sejarah Komputer, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “Sejarah Komputer” di Google. Sebaliknya jika Anda hanya mengetikkan komputer di Google, maka kemungkinan besar hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.

2. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

3.  Gunakan kalimat tanya
Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan?

4. Gunakan “tanda kutip”
Bila suatu saat Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA.cNah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

Tanda (+) untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.

Tanda (-) tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.
Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya “soal psikotes” – site:lintasberita.com

6. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)
Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.

F. JELASKAN MANFAAT DAN RESIKO MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL

Dampak Positif
• Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
• Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
• Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
• Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara

Dampak Negatif
• Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
• Mengganggu hubungan antar pasangan, Media sosial juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain
• Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar

Seperti itulah dampak negatif dan positif dari penggunaan media sosial, tetapi semua kembali lagi kepada orang yang menggunakannya. Media sosial hanyalah alat pengubung dan kita selaku pengguna harus menggunakannya dengan baik dan bijak.

 

Sumber :

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-ip-address-fungsi-ip-address-dan-kelas-kelasnya/

http://belajarbisnisinternet.com/pengertian-domain-hosting-serta-hubungan-antara-keduanya/

https://id.wikipedia.org/wiki/Penjelajah_web

http://id.affdu.com/understanding-the-components-and-structure-of-a-url.html

http://nusindo.co.id/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan-sosial-media/

http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

http://www.pemmzchannel.com/2013/04/09/10-fitur-yang-jarang-diketahui-pada-web-browser/

http://www.indoza.com/2014/03/sejarah-perkembangan-komputer-generasi.html

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *