Enkripsi

Pengertian Enkripsi

Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sedemikian rupa sehingga keamanan informasinya terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa di dekripsi (kebalikan dari proses enkripsi) dahulu. Encryption berasal dari bahasa yunani kryptos yang artinya tersembunyi atau rahasia. Berikut ada beberapa macam metode enkripsi yang dapat anda digunakan pada pemrograman website seperti PHP, ASP dan yang lainnya.

Kasus Enkripsi

Jakarta, CNN Indonesia — Sejumlah penjahat telah beralih ke iPhone sebagai “perangkat pilihan” untuk melakukan tindak kriminal karena sistem enkripsi kuat yang ditetapkan Apple, kata tiga kelompok aparat penegak hukum Amerika Serikat (AS) dalam sebuah pengadilan. Hal ini diungkapkan organisasi penegak hukum kepada hakim yang menangani perseteruan Apple dengan FBI terkait kasus enkripsi iPhone. Mereka berkata punya “banyak contoh” yang memperlihatkan iPhone dipakai oleh para penjahat. Lembaga Federal Law Enforcement Officers Association mencatat, otoritas New York pada 2015 sempat menyadap panggilan telepon narapidana di penjara yang menggunakan iPhone. Pernyataan ini muncul dari lembaga negara karena pemerintah sedang meminta Apple memberi kunci enkripsi ponsel iPhone 5c milik Syed Ridwan Farook, pelaku penembakan di San Bernardino, California. Apple menolak memberikan enkripsi atas dasar privasi. Lebih dari itu, Apple berkata Departemen Kehakiman dan FBI coba mencari kunci untuk membongkar privasi secara keseluruhan. Kasus ini bermula pada 2 Desember 2015. Farook dan sang istri Tashfeen Malik yang merupakan warga AS keturunan Pakistan, menembak mati 16 orang di fasilitas disabilitas di San Bernardino. Usai menembak, kedua orang itu melarikan diri dengan mobil namun akhirnya terbunuh dalam baku tembak dengan polisi. Hakim Sheri Pym dari pengadilan California meminta Apple untuk membantu FBI agar membongkar kode enkripsi dari iPhone milik Farook tersebut. FBI tak mau membongkar paksa karena bakal merusak data di dalamnya. FBI butuh data itu untuk melihat kemungkinan hubungan Farook dengan kelompok militan atau setidaknya mengetahui kepribadian Farook. Apple sendiri mau memenuhi permintaan data “yang tepat dan masuk akal.” (Aditya Panji/Aditya Panji)

Metode Enkripsi

  1. Metode Enkripsi MD2

Message-Digest algortihm 2 (MD2) adalah fungsi hash cryptographic yang dikembangkan oleh Ronald Rivest pada tahun 1989′. Algoritma dioptimalkan untuk komputer 8-bit. MD2 yang ditetapkan dalam RFC 1319. Meskipun algoritma lainnya telah diusulkan sejak dulu, seperti MD4, MD5 dan SHA, bahkan sampai dengan 2004 [update] MD2 tetap digunakan dalam infrastruktur kunci publik sebagai bagian dari sertifikat yang dihasilkan dengan MD2 dan RSA.

  1. Metode Enkripsi MD4

Message-Digest algortihm 4(seri ke-4) yang dirancang oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT pada tahun 1990. Panjangnya adalah 128 bit. MD4 juga digunakan untuk menghitung NT-hash ringkasan password pada Microsoft Windows NT, XP dan Vista.

  1. Metode Enkripsi MD5

MD5 adalah salah satu dari serangkaian algortima message digest yang didesain oleh Profesor Ronald Rivest dari MIT (Rivest, 1994). Saat kerja analitik menunjukkan bahwa pendahulu MD5 yaitu MD4 mulai tidak aman, MD5 kemudian didesain pada tahun 1991 sebagai pengganti dari MD4 (kelemahan MD4 ditemukan oleh Hans Dobbertin). Dalam kriptografi, MD5 (Message-Digest algortihm 5) ialah fungsi hash kriptografik yang digunakan secara luas dengan hash value 128-bit. Pada standart Internet (RFC 1321), MD5 telah dimanfaatkan secara bermacam-macam pada aplikasi keamanan, dan MD5 juga umum digunakan untuk melakukan pengujian integritas sebuah file.

  1. Metode Enkripsi SHA

SHA adalah serangkaian fungsi cryptographic hash yang dirancang oleh National Security Agency (NSA) dan diterbitkan oleh NIST sebagai US Federal Information Processing Standard. SHA adalah Secure Hash Algoritma. Jenis-jenis SHA yaitu SHA-0, SHA-1, dan SHA-2. Untuk SHA-2 menggunakan algoritma yang identik dengan ringkasan ukuran variabel yang terkenal sebagai SHA-224, SHA-256, SHA-384, dan SHA-512.

  1. Metode Enkripsi RC4

RC4 merupakan salah satu jenis stream cipher, yaitu memproses unit atau input data pada satu saat. Unit atau data pada umumnya sebuah byte atau bahkan kadang kadang bit (byte dalam hal RC4). Dengan cara ini enkripsi atau dekripsi dapat dilaksanakan pada panjang yang variabel. RC4 adalah penyandian stream cipher yang dibuat oleh Ron Riverst pada tahun 1987 untuk pengamanan RSA. Algoritmanya didasarkan pada permutasi acak.

  1. Metode Enkripsi Base64

Base64 adalah sistem untuk mewakili data mentah byte sebagai karakter ASCII. Base64 menyediakan 6-bit encoding 8-bit ASCII karakter. Base64 merupakan format yang dicetak menggunakan karakter, memungkinkan binari data yang akan dikirim dalam bentuk dan email, dan akan disimpan di database atau file.

Ilustrasi Enkripsi

 

 

 

 

 

 

 

http://irpantips4u.blogspot.co.id/2012/11/enkripsi-pengertian-manfaat-kerugian-macam.html

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160306173232-185-115620/penjahat-pilih-iphone-karena-enkripsi-kuat/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *